Mengenal Seni Tradisional di Indonesia

Sebagai warga negara Indonesia kamu pastinya sudah mengenal beberapa jenis seni tradisional yang ada di Indonesia, kan? Baik berbentuk seni rupa maupun seni yang lainya. Di Indonesia yang terdiri dari banyak pulau ini, seni yang dihasilkan ddipengaruhi dari kebiasaan, adat, letak geografis dan lain sebagainya hingga menjadi satu seni yang berbeda dan berkarakter di Indonesia.

Membicarakan soal seni tradisional yang ada di Indonesia, apa aja sih seninya? Yuk mari bersama-sama kita bahas.

Seni tradisional

Seni tradisional adalah seni yang tumbuh dalam kehidupan masyarakat atau lingkungan tertentu, antara daerah satu dengan lainya bisa terjadi kemiripan maupun perbedaan. Seni tradisional diisi dengan nilai-nilai yang padat akan tradisi sehingga hasil dari seni tersebut bisa menjadi gambaran atau simbol dari suatu daerah.

Ciri-ciri seni tradisional

Seni tradisional memiliki beberapa ciri seperti berikut ini:

  1. Seni bisa memiliki kemiripan dengan seni dari daerah lain
  2. Seni adalah simbol atau gambaran dari tngkah laku atau adat daerah tersebut
  3. Memiliki ciri khas yang berbeda dari satu dan yang lainya
  4. Memiliki filososfi dibalik seni yang ada
  5. Terikat dengan nilai-nilai adat
  6. Tidak terikat dengan hal akademik

Beberapa contoh seni tradisional

Seni terbagi menjadi beberapa bidang, begitu pula dengan seni tradisional. Beberapa contoh seni tradisional yang ada di Indonesia adalah

  • Seni rupa
    Seni rupa adalah jeni seni yang bisa dilihat dan diraba menggunakan alat indra manusia. Seni rupa tradisional ini adalah seni rupa yang memasukkan nilai-nilai tradisional ke dalam karya seni tersebut. Seni rupa memiliki filosofi atau cerita di balik hasil karyanya. Contoh dari seni rupa tradisional adalah lukisan dari Bali, Patung dari Papua, wayang, kain dan sebagainya.
  • Seni suara
    Seni suara adalah seni  yang menghasilkan bunyi-bunyian, bisa menggunakan alat musik daerah dan suara dari manusia. Seni suara tradisional memiliki sentuhan bunyi yang berbeda dengan daerah lainya karena menggunakan alat musik yang berbeda pula. Contoh seni suara tradisional adalah penggunaan gamelan dari Jawa maupun Bali memiliki karakter yang       berbeda, penggunaan angklung dari jawa, seruling dari sunda dan sebagainya.
  • Seni tari
    Seni tari adalah seni yang dihasilkan dari gerakan tubuh dan bisa dilihat dengan mata. Seni tari tradisional tentunya juga memiliki ciri khas perdaerah seperti gerakan, kostum dan musik    pengiringnya. Beberapa contoh seni tari daerah di Indonesia adalah tari Bali, tari Yogyakarta dan lain sebagainya. Seni tari di dalamnya  mengandung cerita yang bisa dipahami oleh penonton dengan baik ataupun hanya menggunakan simbol-simbol dimana arti diketahui oleh orang-orang tertentu.
  • Seni sastra
    Seni sastra adalah seni yang bisa dirasakan melalui tulisan, seni sastra merupakan hasil pemikiran penulis. Seni sastra tradisional adalah seni sastra yang memiliki nilai-nilai tradisi dalam tulisan tersebut.Ada berbagai bentuk seni sastra tradisional yang ada. Seni tersebut berisi cerita ataupun hasil karangan yang memiliki arti.  Beberapa seni sastra yang masih ada adalah suluk, syair dan pantun.

Manfaat seni tradisional dalam kehidupan sehari-hari

Berikut adalah beberapa manfaat yang bisa kamu rasakan dengan adanya seni tradisional

  1. Menjadi simbol adat suatu daerah
  2. Sarana mencerminkan adat daerah
  3. Sarana pelengkap aktifitas ceremonial adat

Seni tradisional adalah jenis seni yang ada berbagai negara termasuk di Indonesia yang masih melestarikan seni tersebut dengan baik agar tidak hilang dari Indonesia. Seni tradisional memiliki nilai-nilai tertentu yang membuatnya cukup diminati.

by | Feb 11, 2021

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published.

×

Hello!

Click one of our representatives below to chat on WhatsApp.

× How can I help you?